|












PROFIL Sriwijaya Football Club

Berdiri: 2004
Alamat: Kompleks Pelembang Square, Jl. Angkatan 45
Telepon: 0711-380130
Ketua Klub: Syahrial Oesman
Stadion: Gelora Jakabaring

Sejarah Singkat

Sriwijaya Football Club atau yang lebih populer dengan singkatan SFC, adalah sebuah klub sepakbola profesional yang bermarkas di Palembang.

Laskar Wong Kito --julukan SFC-- merupakan tim milik Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) setelah terjadi penjualan opsi kepemilikan dari Persijatim Jakarta Timur, tim perserikatan asal Jakarta Timur.

Saat ini tim dengan kostum kebanggaan merah kuning bermotif songket merupakan salah satu kontestan Superliga 2008/09, pentas sepakbola paling akbar di tanah air.

Meski terbilang tim anak bawang dari segi usai, namun prestasi yang ditorehkannya cukup luar biasa. Itu setelah tampil sebagai juara Liga dan Copa Indonesia 2007, yang membuat mereka menjadi pusat perhatian publik sepakbola nasional.

Kiprah Di Superliga 2008/09

Mengawali laga dengan manis, skuad tim besutan pelatih Rahmad Darmawan ternyata tidak mampu mempertahankan penampilanya dalam beberapa laga. Hal tersebut membuat posisi mereka sempat melorot ke papan tengah klasemen sementara.

Untungnya Ferry Rotinsulu dan kawan-kawan perlahan mulai bangkit dan mengejar devisit poin, sehingga kembali masuk di zona papan atas. Peluang untuk memimpin klasemen pun terbuka lebar.

Dengan syarat dalam beberapa laga sisa di putaran pertama mampu dilalui dengan baik, sembari berharap dua tim asal Papua (Persipura Jayapura dan Persiwa Wamena) yang berada diatasnya, kandas dari tim lain.

Peluang Juara

Seperti yang pernah dilontarkan pelatih Rahmad Darmawan, jika anak asuhnya masih tetap dalam trek juara meski melorot ke papan tengah, maka hal itu sesungguhnya bukan sekedar isapan jempol. Maklum saja karena SFC memang memiliki mental juara.

Apalagi SFC masih mempertahankan mayoritas pemain yang musim lalu mengisi skuad timnya, ketika meraih double winner. Sehingga peluang untuk tampil sebagai juara sangat terbuka.

Meski demikian, perjuangan SFC musim ini terbilang cukup berat. Maklum saja, karena selain harus berjuang dengan tim lain yang punya ambisi kuat untuk juara, kondisi finansial tim kebanggaan warga Kota Palembang ini pun sedang tidak baik.

Hal itu menyusul belum jelasnya pencairan dana APBD, seperti yang mereka terima musim lalu. Apalagi dengan kandasnya ketua umum Syahrial Oesman dalam pemilihan gubernur di Pilgub (pemilihan langsung gubernur) Sumatera Selatan beberapa waktu lalu.

Prestasi:

Liga Indonesia

2005: Peringkat ke-9, Wilayah Barat
2006: Peringkat ke-6, Wilayah Barat
2007: Juara Liga dan Copa Indonesia

1 komentar:

charlie_ECI mengatakan...

WAH keren yaaaaaa
baru terbentuk udah banyak prestasi